Header Ads


Laga Manchester United vs Everton, Rooney Melawan Rekan Lamanya

Malam ini Wayne Rooney akan balik  ke Old Trafford, waktu Everton melawan Manchester United (MU) pada lanjutan Liga Inggris. Berjuta kenangan dilewatinya pada stadion itu. Sedih & senang  pernah dilewati olehnya.


Di sana, para pendukung klub pernah memuji-muji menggunakan sejumlah lagu yg menyebut nama dia. Mereka dipastikan akan menyambut pulang Rooney dengan hangat.

"Wayne akan mendapatkan sambutan hangat," kata Jesse Lingard, pemain Manchester United. "Dia merupakan legenda klub ini. Kami selalu terbuka menyambut dia kembali."

Rooney memang legenda klub berjuluk Setan Merah itu. Satu yg tersisa, namanya sekarang tak tergoyahkan sebagai pencetak gol terbanyak di klub tersebut, dengan koleksi 253 gol.

Namun kedatangannya esok jelas berbeda ketika dibawa Sir Alex Ferguson, 13 tahun kemudian. Rooney yg dibeli Manchester United berdasarkan Everton, adalah seorang remaja berumur 18 tahun, yang penuh kekuatan & ambisi.

Kini, Rooney sudah renta. Meski usianya baru 31 tahun, bukan umur yang terbilang tua buat bermain sepak bola sebenarnya, Rooney sudah kehilangan kehebatannya.

Di demam isu terakhirnya, beliau tak lagi menerima loka di skuad yg dilatih Jose Mourinho. "Karier saya pada Manchester United sudah berakhir November tahun kemudian," pungkasnya waktu meneken kontrak dengan Everton.

Tersisih di Old Trafford, lalu mencari petualangan baru pada klub lamanya, Everton, sebagai episode berikutnya bagi karier Rooney. Namun ternyata tak mulus.

Di luar lapangan, dia tersandung dengan kelakuannya sendiri. Dia kena hukuman dampak mengemudikan kendaraan beroda empat dengan kecepatan tinggi dalam keadaan mabuk.

Kelakuan itulah yang lalu berdampak di lapangan. Walau sempat cemerlang pada awal-awal kepindahannya pada Everton, bahkan sempat ditawari buat masuk balik  ke timnas Inggris, namun toh itu hanya sesaat.

Rooney tidak mampu lagi mengangkat permainan teman-temannya di lapangan. Padahal, semula Ronald Koeman, sang manajer, berharap poly menggunakan pengalamannya, dia sanggup menjadi leader pada lapangan.

Laga Kamis kemudian merupakan pertunjukan yang menyedihkan bagi bekas kapten timnas Inggris itu. Di Atalanta, waktu bermain pada Liga Europa, Everton kalah telak 0-tiga. Rooney pun menjadi bahan cemooh.

"Dia bermain seperti seorang kakek-kakek," istilah Martin Keown–bekas bek Arsenal yg kini   menjadi komentator. "Dia sama sekali tidak bisa sebagai perbedaan bagi timnya."

Keown, yg semasa sebagai pemain berkali-kali bertanding melawan Manchester United dan berduel dengan Rooney, menyatakan Koeman wajib  segera merogoh langkah buat timnya.

"Ronald Koeman wajib  berkaca dalam diri sendiri," istilah Keown. "Kebobolan delapan gol bukanlah frekuwensi indah."

Hasil pada Atalanta menciptakan kekalahan The Toffees makin panjang. Sebelumnya, mereka kalah 2 kali di Liga Primer. Mereka takluk 0-dua dari Chelsea & 0-3 oleh Tottenham Hotspur.

Total pada 3 laga, mereka kebobolan delapan gol. Hal itu bukanlah kapital cantik yang dibawa pasukan Koeman menghadapi Manchester United, yg justru tampil sebaliknya.

United sekarang berada pada puncak  klasemen dengan perolehan 3 kemenangan dan satu kali draw. Tambahan kemenangan tiga-0 atas Basel pada Liga Champions membuat agama diri makin tinggi buat menghadapi pertandingan ini.

Baca juga : Prabowo : Bantuan ke Rohingya Hanyalah Pencitraan, ini penjelasan..

Dua output tidak selaras ini jua yang membuat Paul Merson0- bekas pemain Arsenal yang menjadi komentar pada SkySports- memprediksi Manchester United akan memenangi pertandingan ini.

"Everton mengecewakan saya. Mereka poly membeli pemain baru. Tapi, pekan kemudian mereka kalah oleh Tottenham. Melawan Chelsea juga buruk. Di pertandingan Ahad nanti, aku  tidak melihat hal lain kecuali kemenangan buat tuan tempat tinggal  ," katanya.

Meski pada pertandingan ini, Paul Pogba, yg menjadi motor permainan United pada laga-laga sebelumnya, dipastikan absen. Saat bertanding melawan Basel, pemain Prancis itu mendapatkan cedera hamstring, yang menciptakan beliau harus beristirahat hingga empat pekan atau lebih.

Namun, Merson menjelaskan, Mourinho memiliki pemain lain yg bisa menggantikan kiprah Pogba, yakni Marouane Fellaini.

"Mereka akan baik-baik saja bermain tanpa Pogba, malah Fellaini mungkin bisa menimbulkan perkara bagi Everton," ungkap Merson.

Di isu terkini ini, Mourinho memang leluasa. Dia memiliki skuad yg berlimpah. Di lini sebelah kiri, sudah pulihnya Ashley Cole menjadi satu tambahan bagi skuad Setan Merah. "Dia bisa dimainkan pada laga Ahad besok," ucapnya, Selasa kemudian.

Dalam laga melawan Basel, bekas pemain Aston Villa itu bermain dengan brilian. Padahal beliau tidak belia lagi, usianya telah merambat nomor  32.

Dan, yang tidak boleh dilupakan adalah kehadiran Romelu Lukaku–pemain baru United yg dibeli dari Everton. Bertanding melawan bekas klubnya membuat motivasi beliau begitu akbar buat memenangi pertandingan.

"Kami memahami dia sangat baik & adalah finisher yg mengagumkan. Saya berharap kami sanggup menghentikannya akan tetapi dia dikelilingi pemain mengagumkan," kata Koeman, Jumat. "Dia berbahaya, cepat, & bertenaga."

Motivasi serupa tentu pula dimiliki Wayne Rooney. Dengan baju yg tidak sama menggunakan yang dia kenakan selama 13 tahun, dia ingin mempertunjukkan beliau bisa sebagai brilian pada mana saja, pula di Everton.

Sayangnya, kali ini bukan waktu yg sempurna buat itu. Seperti kata Keown, dia sudah terlihat letih.

Pertandingan Liga Inggris antara Manchester United melawan Everton mulai pukul 22:00, akan disiarkan beIN Sports 1 dan MNCTV.

No comments

Powered by Blogger.