Header Ads


Kuliner Sejarah : Mengingat kembali Bubur India Pekojan yang Legendaris

Kuliner Sejarah : Mengingat kembali Bubur India Pekojan yang Legendaris

bubur India pekojan

Harian analisa | Untuk pembaca yang berasal dari luar Semarang mungkin bakal asing dengan nama makanan bubur yang satu ini, tapi untuk masyarakat kota Semarang, bubur ini termasuk torehan budaya dan Sejarah kota Surabaya.

Bubur India Pekojan, begitulah nama yang sering dipanggil Masyarakat kota Semarang, hidangan ini selalu disajikan di Masjid Djami Pekojan, Dekat jalan Petolongan Nomor 1, Kampung Pekojan,Semarang.

Saat ditanya kepada pengurus Masjid, pihaknya mengaku membagikan bubur India ini secara gratis untuk masyarakat mengingat budaya pembagian ini terus dipertahankan selama 150 tahun.

Asal usul Bubur ini tercipta pun berasal dari seorang pedagang asing, Saudagar Gujarat, yang Jauh-jauh mendarat di Semarang untuk menyebarkan agama Islam.

Saudagar Gujarat dikenal mempunyai watak dan akhlak yang baik terhadap sesama, dia pun membagikan resep bubur India yang dimilikinya untuk berbagi sesama penduduk Semarang. Hingga menjadi sebuah Tradisi di masjid Djami.

Kalo ditanya soal rasa, bubur India ini memang enak banget!. Makanan bubur ini bisa dibilang khas timur tengah lho!, bisa dilihat dari racikan bumbunya dari potongan Jahe, daun salam. daun pandan, irisan bawang bombay.

Yang paling bikin gurih adalah campuran kayu manis dan Cengkeh. Serta beberapa bumbu khas yang berasal dari Timur Tengah. Bikin suasana lebaran pun jadi makin lengket kaya bubur deh!.

Tak Lupa masjid Djami Pekojan mengucap terima kasih kepada pada para donasi (penyumbang ) sehingga Pihak Masjid mampu mempertahankan tradisi bubur India ini.

Setiap hari selama bulan Ramadhan, Pihak masjid biasa memasak bubur dengan bahan beras 20 - 25 kg . Dengan jumlah ini, mampu dibagikan kepada ratusan jemaat yang ingin merasakan enaknya Bubur India Pekojan.

Pihak Masjid juga senang menerima tamu yang berasal dari luar kota yang jauh-jauh mampir hanya untuk mencicipi enaknya Bubur India Pekojan ini.

Jadi, Gaes kalo ada jalan-jalan ke kota Semarang di bulan Ramadhan boleh coba mampir ke Masjid Djami ini, buat merasakan enaknya "Bubur India Pekojan~n". Pengurus Masjid disini ramah-ramah deh!


No comments

Powered by Blogger.